Monday 16 September 2013

Laporan Praktikum PTI Modul 1

TUGAS PRAKTIKUM
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
MODUL I





Disusun oleh :
Nama          :  Ricky Rudianto
NIM                        : 
Kelas           :  Teknik Informatika A




LABORATORIUM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2012
“MERAKAIT ATAU MEMASANG SISTEM UNIT KOMPUTER”
1.             Cara Merakit Komputer Atau Meng-Upgrade PC
Merakit PC yaitu menggabungkan komponen-komponen yang ada menjadi suatu PC yang utuh. Selanjutnya akan dijelaskan langkah-langkah yang dilakukan untuk merakit sebuah PC.
          Perangkat-perangkat dan komponennya untuk merakit komputer pribadi.
a.  Perangkat Keras (Hardware)
·      Perangkat masukan (Infut Device)
-       Keyboard


-       Mouse





·      Perangkat proses (Process Device)
-       Control Unit
-       Arithmetic and Logic Unit (ALU)
-       Casing Komputer
Digunakan untuk memasang semua Komponen Utama PC mulai dari motherboard, processor, memory module, VGA-Card, Hard Disk Drive (HDD), Floppy Disk Drive(FDD), DVD-RW, dan lain-lain.




-       Motherboard
Terkadang juga disebut mainboard / Mobo. Dari bahasa harfiahnya saja, motherboard (ibu papan) dan mainboard (papan utama) merupakan papan komponen (selanjutnya kita sebut board) yang menampung semua hardware lainnya. Hampir seluruh komponen utama PC terkoneksi dengan board ini.









-       Kartu Grafis
Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.


-       Processor
Inilah sebenarnya yang disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Berfungsi sebagai otak untuk memproses semua kinerja komputasi dalam sebuah PC.





-       DVD Drive
CD ROM atau DVD Drive bersifat read only (hanya dapat dibaca dan tifak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulis berulang kali (Re-Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
-       Floppy Disk Drive
Floppy Disk Drive (FDD) adalah antar muka (interface) untuk menghubungkan perpindahan data, pembacaan data atau “penulisan” data dari PC kedalam sebuah Disket. Disket atau Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.




-          Kabel IDE
Untuk DVD atau CD-ROM dan Harddisk kabel data untuk menghubungkan CD-ROM, CD / DVD-ROM dan Harddisk ke Motherboard.
-          Kabel Daya atau Kabel Power
Untuk monitor, Cassing / CPU dan Speaker Kabel untuk menghubungkan Monitor, CPU, Speaker, dan lain-lain ke sumber listrik.
-          CD Driver
CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical mdisc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bait. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca dan tidak dapat ditulis).
-          Untuk Floppy Disk memakai kabel floppy kabel data untuk menghubungkan Floppy Disk ke Motherboard.
-          Kabel Audio untuk DVD / CD dan Speaker
Kabel penghubung untuk alat keluaran suara.
-          Gelang Anti Statis
Berguna untuk meredam listrik statis yang ada pada tubuh kita, gunanya agar listrik statis yang ada pada tubuh kita tidak mengenai komponen-komponen komputer yang bisa menyebabkan kerusakan pada waktu merakit.

·      Perangkat keluaran (Output Device)
-       Monitor



-       Printer
-       Audio Speaker


-       LCD Projector


·      Perangkat penyimpan (Storage / Device)
-       Memori Internal
-        ROM (Read Only Memory)
-       Chace Memori
-        RAM(Random Acces Memory)




-       Memori Eksternal
-       Zip Drives
-       Hard Disk Drives
Harddisk atau Hard Disk Drive (HDD) atau Hard Disk (HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisikan piringan magnetis.
-       CD-ROM / DVD Drive


-       Flash Disk
b.    Perangkat Lunak (Software)
Software adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian indtruksi, program, prosedur, pengendali pendukung, dan aktivitas-aktivitas pebgolahan perintah pada sistem komputer.












c.    Operator (Brainware)


“LANGKAH-LANGKAH MERAKIT KOMPUTER “
·      Penyiapan Motherboard
Pertama-tama kita buka manualnya. Yang harus diperhatikan adalah posisi-posisi komponen pada motherboard.
-       Pada socket prosessor terdapat pengukit yang juga berfungsi sebagai pengunci kaki-kaki prosessor, serta terdapat bentuk kotak yang namanya penyangga untuk heatsink / pendingin dan kipas prosessor.
-       Didekat socket prosessor terdapat socket yang berbentuk panjang dan ada penguncinya pada kedua ujungnya adalah socket RAM (untuk memori).
-       Lalu juga ada socket yang lebih pendek adalah socket untuk kabel IDE dan yang agak kecil adalah socket untuk kabel floppy.
-       Kemudian socket yang berwana coklat adalah untuk VGA Card atau kartu grafis tipe AGP.
-       Slot-slot yang berwarna cream adalah untuk VCI.
-       Komponen yang berwarna biru adalah jumper yang fungsinya untuk mengkonfigurasi motherboard.
 






Motherboard
·      Memasang Prosessor
Sebelum kita memasang prosessor, kita liat dulu buku manual. Apakah motherboardnya mendukung untuk menggunakan prosessor yang telah kita siapkan ? karena ada beerapa kasus, terdapat juga prosessor yang tidak didukung oleh motherboard.
Dalam pemasangan prosessor perlu diperhatikan titik atau tanda panahnya, karena ini menunjukan pointnya yang mesti kita pasang ke socket prosessor pada motherboard. Sedangkan pada socket prosessor, disalah satu sudutnya ada tanda panah putih kecil sebagai acuan kita saat memasang prosessor agar tidak salah. Kemudian pada socket prosessor, masukan prosessor ke socket dengan terlebih dahulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket, rapatkan sehingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
Pemasangan Prosessor

·      Memasang Heatsink
Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink. Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bola heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.
Pada saat pemasangan heatsink haruslah berhati-hati. Setelah pas pada kedudukan socket prosessor, tekan kaki-kakinya secara bersamaan lalu kita kunci heatsink dengan cara menarik dua tuas yang berada didekat kipas. Setelah itu pasang kabel daya pada socket yang bertuliskan CPU Fan pada motherboard. Dan perlu diperhatikan pula pada saat memasang kabel untuk kipas prosessor sedapat mungkin cari jarak yang terdekat.
Pemasangan Heatsink

·      Memasang memori atau RAM (Random Acces Memory)
Cara pemasangannya perhatkan, RAM terlebih dahulu. Pada RAM terdapat pengunci atau celah sebagai acuan pada saat kita pemasangan RAM agar tidak salah. Kemudian buka pengunci RAM yang terdapt pada  slot RAM, lalu tekan RAM pada slot memori sampai kedua pengunci RAM tertutup dengan baik.
Pemasangan Memori atau RAM
·      Memasang Motherboard pada Cassing Komputer
Pertama, buka penutup cassing komputer dengan melepaskan baut yang terdapat pada bagian belakang cassing komputer.
Kedua, kita ambil motherboard, pada saat memasangnya perlu diperhatikan jalur-jalur atau lubang-lubang motherboard untuk baut pengunci motherboard harus pas.
Ketiga, perhatikan pula socket pada posisi belakang motherboard harus pas masuk kelubang yang terdapat pada belakang cassing komputer. Usakan menggunakan obeng magnet agar dapat mengambil baut yang jatuh sewaktu-waktu dengan mudah.
Pemasangan Motherboard pada Cassing Komputer

·      Memasang VGA Card atau Kartu Grafis
Yang perlu diperhatikan sebelum memasang kartu grafis adalah plat penutupnya yang sejajar dan VGA Card atau Kartu Grafis, yang terdapat pada cassing komputer. Plat tersebut harus kita buka dulu dengan menggunakan obeng, lalu masukan kartu grafis pada slot VGA di motherboard. Kemudian kunci kartu grafis tersebut dengan menggunakan baut.
Pemasangan VGA atau Kartu Grafis

·      Memasang Hardisk
Pertama, siapkan kabel IDE, memasang kabel IDE tidak sulit karena ada pengunci dan penutup untuk kakinya. Kedua ujung kabel IDE mempunyai fungsi yang berbeda, ujung kabel IDE yang berwarna hitam untuk dihubungkan ke hardisk, dan ujung kabel yang berwarna biru kita hubungkan ke socket kabel IDE pada motherboard.
Kedua, kita siapkan bracket. Biasanya pada bracket terdapat karet pada lubang baut yang berfungsi meredam getaran yang diakibatkan oleh getaran kipas pendingin dan hardisk.
Ketiga, kita pasangkan hardisk ke bracket. Perhatikan pada saat memasang, posisi lubang baut pada hardisk harus pas pada lubang bracket. Pemilihan baut yang digunakan jangan terlalu panjang karena dapat merusak hardisk.
Keempat, setelah baut-baut terpasang dengan baik pada hardisk, kita perhatikan posisi jumper pada master, jumper master terletak pada slot kabel IDE dan kabel daya. Sedangkan untuk mengetahui jumper ini pada posisi apa, bisa dilihat pada jumper konfigurasi pada body hardisk. Jika kita mempunyai satu hardisk, maka kita masukan jumpernya pada posisi master. Tapi, jika kita mempunyai hardisk kedua, maka kita masukan pada posisi jumper slave. Perbedaan posisi master dan slave adalah pada waktu kita memasang kabel IDE. Kabel IDE yang pada posisi master dan posisi slave, hardisk kedua kita pasangkan pada kabel IDE yang tengah. Selanjutnya masukan bracket pada cassing komputer.
Pemasangan Hardisk
·      Memasang DVD Drive
Pertama, siapkan DVD Drive, buka penutup tempat DVD Drive pada cassing komputer. DVD Drive sama seperti hardisk ada posisi jumper yang posisinya sama sebagai master dan slave.
Kedua, pasang kabel IDE, lalu dilanjutkan dengan memasang kabel audio.
Ketiga, pasang DVD Drive pada cassing komputer, lalu pasang kabe IDE pada motherboard yang berada disamping IDE hardisk, dan masukan kabel audio pada motherboard.
Pemasangan DVD Drive

·      Memasang Floppy Disk / Disk Drive
Siapkan kabel floppy yang berbentuk lebih kecil dari kabel IDE. Pemasangan Floppy Disk pada bracket, perhatikan lubang bautnya agar pas. Setelah terpasang dengan baik, pasang kabel floppy dan jangan lupa sisi kabel floppy yang berwarna merah posisinya berada disebelah kiri atau didekat kabel daya. Setelah bracket terpasang pada cassing komputer, kita pasang penutup atau panelnya. Serta untuk memudahkan pemasangan tutup atau dinding cassing, kita rebahkan atau tidurkan terlebih dahulu cassingnya. Lalu kita sambungkan Floppy Disk ke motherboard.
Pemasangan Floppy Disk Drive

·      Memasang Kabel-Kabel Power / Kabel Daya
Pemasangan kabel daya harus teliti.
Pertama, kita pasangkan kabel daya untuk motherboard. Pada kabel daya motherboard juga terdapat pengunci, dan bentuk kedua sisinya tidak sama sehingga kecil kemungkinan terjadi kesalahan pada pemasangan. Socket untuk kabel daya motherboard berada disamping prosessor.
Kedua, memasang kabel daya untuk floppy. Ciri kabel floppy adalah lebih kecil dan pipih dibandingkan kabel lain.
Ketiga, memasang kabel daya untuk hardisk.
Keempat, memasang kabel daya untuk DVD Drive.
Kelima, memasang kabel daya untuk prosessor.
Keenam, memasang kabel daya untuk Fan atau kipas. Pada kabel daya untuk kipas CPU juga terdapat pengunci sebagai pemandu sehingga pada saat memasang tidak mungkin terbalik.
Ketujuh, memasang kabel CPU Fan untuk power supply. Terletak didekat RAM, pasangkan kabel kipas ke kabel power supply, serta pasangkan juga kabel hardisk dan untuk cassing komputer. Kemudian kipas untuk pendingin hardisk juga dipasangkan.
Kedelapan, memasang kabel USB, kabel power reset dan kabel-kabel indikator lainnya. Untuk cara memasang kabel power reset dan indikator lain bisa dilihat dibuku manual.
Setelah semua kabel terpasang kemudian tutup kembali tutup dinding cassing komputer. Lalau berdirikan cassing agar pada posisi tegak.
Pemasangan Kabel Power Supply

·      Memasang Kabel Daya untuk CPU
Cara pasangkan kabel untuk keyboard, pada ujung kabel keyboard terdapat kunci. Dan sesuaikan dengan warna atau simbol yang terdapat pada port / socket pada kabel keyboard. Begitu pula untuk pemasangan kabel mouse. Lanjutkan dengan memasang kabel VGA monitor. Pada port untuk kabel VGA monitor berwarna biru, terdapat dibagian belakang cassing komputer. Dan memasang kabel monitor tidak akan terbalik karena diatur pada posisi tersendiri. Setelah kabel monitor terpasang, kita kunci dengan memutar dua buah baut yang terdapat pada kabel monitor. Kemudian pasangkan kabel daya untuk monitor.
Setelah kabel daya terpasang semua, kita lanjutkan memasang kabel audio untuk speaker pada port. Untuk kabel speaker, pasang pada yang bertuliskan out yang tertera pada belakang cassing komputer. Dan pasang kabel daya untuk speaker tersebut. Dengan demikian kita selesai menggabungkan semua hardware.
Pemasangan Kabel Daya untuk CPU


No comments:

Post a Comment