Monday 16 September 2013

Laporan Praktikum PTI Modul 5


LAPORAN PRAKTIKUM
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
MODUL 5



FAKULTAS ILMU KOMPUTER



Disusun oleh :
Nama          :  Ricky Rudianto
NIM                        :  2012081127
Kelas           :  Teknik Informatika A



LABORATORIUM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2012
PEMROGRAMAN TURBO C

“PEMBAHASAN”


Dasar Teori
A.      Pemrograman
Memberikan instruksi kepada komputer agar dapat bekerja seperti yang kita kehendaki.
·           Yang dipahami atau dijalankan oleh komputer : data dan instruksi dalam bentuk biner (rangkaian bit-bit yang bernilai ‘0’ dan ‘1’).
·           Yang dipahami manusia : logika, aritmatika, algoritma, konsep, model, dan sebagainya.
Untuk menjembatani, dibuatlah bahasa pemrograman, yang menerjemahkan dari apa yang dikehendaki / dimengerti manusia menjadi instruksi mesin komputer.
Klasifikasi pemrograman berdasarkan tingkat kedekatannyadengan bahasa mesin dan bahasa manusia, siklasifikasikannya yaitu menjadi :
1.        Bahasa tingkat rendah, memetakan setiap instruksi dari kode sumber kedalam satu instruksi bahasa mesin. Bisa disebut juga dengan bahasa assembly. Untuk dapat memprogram dalam bahasa assembly, diperlukan pengetahuan yang benar tentang perangkat keras, representasi data, cara kerja pemrosesan, dan instruksi-instruksi mesin komputer.
2.        Bahasa tingkat tinggi, memiliki kedekatan dengan bahasa dan berpikir manusia. Contoh : bahasa pascal.
3.        Bahasa tingkat menengah, antara kedua tingkat diatas. Contoh : bahasa C.

B.       Cara Kerja
Penerjemahan dari kode sumber dalam bahasa tingkat tinggi kedalam instruksi mesin dilakukan dengan dua macam cara, yaitu :
1.        Kompilasi, merupakan penerjemah keseluruhan kode sumber menjadi kode biner, yang selanjutnya dieksekusi oleh mesin atau komputer.
2.        Interpretasi, merupakan penerjemahan baris per baris kode sumber kedalam instruksi komputer yang bersesuaian.

C.      Pengantar Teori Bahasa
Bahasa pemrograman modern dikembangan dengan menggunakan teori bahasa, sehingga memiliki sifat-sifat yang analogis dengan bahasa manusia. Bahasa memiliki grammar (tata bahasa), yang terdiri atas berbagai aturan produksi.
Sebagai contoh, dalam tata Bahasa Indonesia, terdapat aturan sebagai berikut :
·           Setiap naskah terdiri atas satu atau beberapa paragraf.
·           Setiap paragraf terdiri atas satu atau beberapa kalimat.
·           Setiap kalimat terdiri atas subjek, predikat, objek, dan keterangan.
·           Subjek dan objek dalam kalimat merupakan frase benda.
·           Frase benda dapat tersusun atas satu kata benda atau kombinasi kata benda dan kata sifat dengan susunan M-D.
·           Predikat merupakan frase kerja atau sifat, dan seterusnya.
Dalam bahasa pemrograman, aturan produksi biasa dinyatakan dalam bentuk regular expression.

D.      Dasar Turbo C
C merupakan bahasa yang bisa dipakai untuk keperluan pemrograman sistem, antara lain untuk membuat : Assembler, Interpreter, Program Paket, Sistem Operasi, Editor, Kompiler, Program Bantu (Utility). Dalam beberapa literatur, C digolongkan sebagai bahasa aras menengah (Medium Level Language).

E.       Pembuatan Program
Secara umum, tahapan utama pembuatan program C meliputi kegiatan berikut:
1.      Menulis program
2.      Mengkompilasi program
3.      Menguji program
4.      Menyimpan program

F.       Dasar Pemrograman
1.      Pengenal / identifier (a...z, A...Z/0...9/0...9, A...F, a...f, garis bawah_)
2.      Tipe data dasar (bilangan bulat, bilangan real, karakter, tak bertipe) seperti : char, int, float, double, void)
3.      Variable
4.      Operator
-          Aritmatika (Operator binary : +, -, /, *, DIV, MOD dan Operator unary : +, -)
-          Logika / Boolean (AND, OR, NOT, XOR)
-          Relasional (= ><> = < = <>)
5.      Ungkapan / ekspresi















Praktek
Langkah pengerjaan :
1.        Klik start lalu pilih Turbo C++.  (lihat gambar 1.1)
Text Box: Klik 2x
      Gambar 1.1
2.        Tunggu sampai muncul jendela editor Turbo C++. (lihat gambar 1.2)
Gambar 1.2
3.        Mulai membuat program sederhana. Klik Menu editor File      New. (lihat gambar 1.3)
Text Box: KompileKetikan program seperti dibawah ini :
Gambar 1.3
4.        Untuk melihat hasil dari pembuatan program diatas dengan cara :
-            Save program terlebih dahulu dengan cara : klik menu File      Save / Save As dengan file name LAT1.CPP simpan didirektori folder D:/>. (lihat gambar 1.4)
-            Kompile program tersebut yang bergambar petir (lihat Gambar 1.3)
-            Lihat hasil Program tersebut (lihat gambar 1.5)
Gambar 1.4
Gambar 1.4
Keterangan :
·           Fungsi main() merupakan titik awal dan titik akhir eksekusi program
·           Tanda { } awal dan akhir dari pembuatan program
·           Fungsi printf yaitu untuk menampilkan suatu keluaran pada layar
·           #include merupakan salah satu jenis pengarah preprosessor dipakai untuk membaca file yang dinamakan file-judul (header file).
5.        Variabel
Variabel digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya dapat diubah-ubah selama eksekusi program berlangsung.
·           Mendeklarasikan variabel
Variabel yang akan digunakan dalam program haruslah dideklarasikan terlebih dahulu artinya memesan memori dan menentukan jenis data yang bisa disimpan didalamnya.
Bentuk pernyataan : tipe daftar – variabel
Contoh :
int jumlah;
float harga_per_unit, total_harga; (tanda koma sebagai pemisah antar variabel)
·           Memberikan nilai ke variabel
Yaitu untuk memberikan nilai ke variabel yang telah dideklarasikan.
Bentuk pernyataan : variabel = nilai
Contoh : Jumlah = 10; , harga_per_unit = 17.5
Praktek :
#include <stdio.h>
Main()
{
                      int jumlah;
                      float harga_per_unit, harga_total;
                      jumlah = 10;
                      harga_per_unit = 17.5;
                      harga_total = jumlah * harga_per_unit
                      printf(“harga total = % \n”, harga_total);
}
Praktek ke Bahasa C++ :
Kompile dan jalankan :
·      Inisialisasi Variabel
Yaitu memberikan nilai awal setelah dideklarasikan.
Contoh : int jumlah = 10;
Praktek :
#include <stdio.h>
Main()
{
            int jumlah = 10;
            float harga_per_unit = 17.5;
            float harga_total;
            harga_total = jumlah * harga_per_unit;
            printf(“harga total = % \n”, harga_total);

Praktek ke Bahasa C++ :
            Kompile dan jalankan :
·      Perbedaan Variabel bertipe float dan double
Tipe double mempunyai kawasan nilai yang lebih besar dibandingkan dengan tipe float dan ketelitian digit (16 digit).
Praktek :
#include <stdio.h>
Main()
{
                        float x;
double y;
x = 56.0123456789123456789;
y = 56.0123456789123456789;
printf(“x = %20.16f\n”, x);
printf(“y = %20.16f\n”, y);
            }
Praktek ke Bahasa C++ :
            Kompile dan jalankan :
6.        Konstanta
Konstanta menyatakan nilai yang tetap. Berbeda dengan variabel, suatu konstanta tidak dideklarasikan. Namun seperti halnya variabel, konstanta juga mempunyai tipe.
7.        Operator
Merupakan simbol atau karakter yang bisa dilibatkan dalam program untuk melakukan sesuatu operasi atau manifulasi, seperti menjumlahkan dua buah nilai, memberikan nilai ke suatu variabel, membandingkan kesamaan dua buah nilai.
Contoh : a + b
·           Operator aritmatika
·           Operator penurunan dan penaikan
·           Prioritas operator aritmatika
8.        Ungkapan
Ungkapan (ekspresi) dalam C dapat berupa : pengenal, konstanta, variabel.
Contoh : 3 + 2 – 1
Pada ungkapan diatas 3, 2 dan 1 merupakan operand, sedangkan +, - merupakan operator dan nilai ungkapan adalah hasilnya.























“TUGAS”

Tugas Mandiri !
1.      Buat perintah dalam pemrograman turbo C untuk menampilkan Nama, NIM, Jurusan, dan Alamat.
2.      Lengkapi potongan program berikut dan berapa hasil akhirnya ?
int a = 22;
a = a + 5;
a = a – 2;
printf(“a = %d \n”, a);
3.      Berapa hasil akhir dari perhitungan berikut ini :
a)      x 2 + 3 * 2
b)      x = 2 * 3 % 2
Penyelesaian :
No. 1
Perintah dalam program C++ untuk menampilkan data sebagai berikut :
Nama       : Ricky Rudianto
NIM         : 2012081127
Jurusan     : Teknik Informatika
Alamat     : Dusun Pahing RT/RW : 009/004 Desa Ciawilor
                   Kec. Ciawigebang Kab. Kuningan
                   Kode Pos : 45591
1.      Kita buka jendela editor Turbo C++.
2.      Kemudian ketikan program yang telah saya buat menurut tugas yang diberikan pada no. 1 seperti pada gambar dibawah ini :





Praktek ke Bahasa C++ :
3.      Setelah selesai membuat program diatas sesuai dengan tugas yang diberikan lalu cek terlebih dahulu apabila sudah benar kemudian save program tersebut setelah itu di kompile dan jalankan, maka hasilnya yaitu :
Keterangan :
Saya menggunakan program C++ diatas dengan menggunakan :
-          Header file / preprosessor directive : #include <stdio.h>
-          Fungsi printf : untuk menampilkan keluaran pada layar, dan didalam fungsi printf tersebut terdapat ‘\n’, yaitu untuk menampilka karakter baris baru.
No. 2
1.      Kita buka jendela editor Turbo C++.
2.      Kemudian ketikan program yang telah saya buat menurut tugas yang diberikan pada no. 2 seperti pada gambar dibawah ini :
Praktek Bahasa C++ :
3.      Setelah selesai membuat program diatas sesuai dengan tugas yang diberikan lalu cek terlebih dahulu apabila sudah benar kemudian save program tersebut setelah itu di kompile dan jalankan, maka hasilnya yaitu :
No. 3
1.      Kita buka jendela editor Turbo C++.
2.      Kemudian ketikan program yang telah saya buat menurut tugas yang diberikan pada no. 3 seperti pada gambar dibawah ini :
Praktek ke Bahasa C++ :
3.      Setelah selesai membuat program diatas sesuai dengan tugas yang diberikan lalu cek terlebih dahulu apabila sudah benar kemudian save program tersebut setelah itu di kompile dan jalankan, maka hasilnya yaitu :















“KESIMPULAN”

A.        Pemrograman
Yang dipahami atau dijalankan oleh komputer : data dan instruksi dalam
           bentuk biner (rangkaian bit-bit yang bernilai ‘0’ dan ‘1’).
Yang dipahami manusia : logika, aritmatika, algoritma, konsep, model, dan
           sebagainya.
Klasifikasi pemrograman berdasarkan tingkat kedekatannya dengan bahasa
mesin dan bahasa manusia, siklasifikasikannya yaitu menjadi :
Bahasa tingkat rendah, memetakan setiap instruksi dari kode sumber kedalam
satu instruksi bahasa mesin. Bisa disebut juga dengan bahasa assembly.
Untuk dapat memprogram dalam bahasa assembly, diperlukan pengetahuan
yang benar tentang perangkat keras, representasi data, cara kerja pemrosesan,
1.         dan instruksi-instruksi mesin komputer.
Bahasa tingkat tinggi, memiliki kedekatan dengan bahasa dan berpikir
2.         manusia. Contoh : bahasa pascal.
3.         Bahasa tingkat menengah, antara kedua tingkat diatas. Contoh : bahasa C.
B.        Cara Kerja
Penerjemahan dari kode sumber dalam bahasa tingkat tinggi kedalam
instruksi mesin dilakukan dengan dua macam cara, yaitu :
Kompilasi, merupakan penerjemah keseluruhan kode sumber menjadi kode
Interpretasi, merupakan penerjemahan baris per baris kode sumber kedalam
1.         biner, yang selanjutnya dieksekusi oleh mesin atau komputer.
2.         instruksi komputer yang bersesuaian.
C.        Pengantar Teori Bahasa
Bahasa pemrograman modern dikembangan dengan menggunakan teori bahasa, sehingga memiliki sifat-sifat yang analogis dengan bahasa manusia. Bahasa memiliki grammar (tata bahasa), yang terdiri atas berbagai aturan produksi.
C merupakan bahasa yang bisa dipakai untuk keperluan pemrograman sistem,
D.        Dasar Turbo C
antara lain untuk membuat : Assembler, Interpreter, Program Paket, Sistem
Operasi, Editor, Kompiler, Program Bantu (Utility).
E.        Pembuatan Program
Secara umum, tahapan utama pembuatan program C meliputi kegiatan berikut:
1.         Menulis program
2.         Mengkompilasi program
3.         Menguji program
4.         Menyimpan program
F.         Dasar Pemrograman
Tipe data dasar (bilangan bulat, bilangan real, karakter, tak bertipe)
1.         seperti : char, int, float, double, void)
2.         Variable
3.         Operator
- Aritmatika (Operator binary : +, -, /, *, DIV, MOD dan Operator unary : +,-)
- Logika / Boolean (AND, OR, NOT, XOR)
- Relasional (= ><> = < = <>)
4.         Ungkapan / ekspresi
5.         Pengenal / identifier (a...z, A...Z/0...9/0...9, A...F, a...f, garis bawah_)

No comments:

Post a Comment