LAPORAN
PRAKTIKUM
PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMASI
MODUL
5


Disusun
oleh :
Nama :
Ricky Rudianto
NIM : 2012081127
Kelas :
Teknik Informatika A
LABORATORIUM
KOMPUTER
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
KUNINGAN
2012
PEMROGRAMAN TURBO C
“PEMBAHASAN”
Dasar
Teori
A.
Pemrograman
Memberikan
instruksi kepada komputer agar dapat bekerja seperti yang kita kehendaki.
·
Yang dipahami atau dijalankan oleh
komputer : data dan instruksi dalam bentuk biner (rangkaian bit-bit yang
bernilai ‘0’ dan ‘1’).
·
Yang dipahami manusia : logika,
aritmatika, algoritma, konsep, model, dan sebagainya.
Untuk menjembatani, dibuatlah
bahasa pemrograman, yang menerjemahkan dari apa yang dikehendaki / dimengerti
manusia menjadi instruksi mesin komputer.
Klasifikasi pemrograman
berdasarkan tingkat kedekatannyadengan bahasa mesin dan bahasa manusia,
siklasifikasikannya yaitu menjadi :
1.
Bahasa tingkat rendah, memetakan setiap
instruksi dari kode sumber kedalam satu instruksi bahasa mesin. Bisa disebut
juga dengan bahasa assembly. Untuk dapat memprogram dalam bahasa assembly,
diperlukan pengetahuan yang benar tentang perangkat keras, representasi data,
cara kerja pemrosesan, dan instruksi-instruksi mesin komputer.
2.
Bahasa tingkat tinggi, memiliki
kedekatan dengan bahasa dan berpikir manusia. Contoh : bahasa pascal.
3.
Bahasa tingkat menengah, antara kedua
tingkat diatas. Contoh : bahasa C.
B.
Cara
Kerja
Penerjemahan
dari kode sumber dalam bahasa tingkat tinggi kedalam instruksi mesin dilakukan dengan
dua macam cara, yaitu :
1.
Kompilasi, merupakan penerjemah
keseluruhan kode sumber menjadi kode biner, yang selanjutnya dieksekusi oleh
mesin atau komputer.
2.
Interpretasi, merupakan penerjemahan
baris per baris kode sumber kedalam instruksi komputer yang bersesuaian.
C.
Pengantar
Teori Bahasa
Bahasa
pemrograman modern dikembangan dengan menggunakan teori bahasa, sehingga
memiliki sifat-sifat yang analogis dengan bahasa manusia. Bahasa memiliki
grammar (tata bahasa), yang terdiri atas berbagai aturan produksi.
Sebagai contoh, dalam tata Bahasa
Indonesia, terdapat aturan sebagai berikut :
·
Setiap naskah terdiri atas satu atau
beberapa paragraf.
·
Setiap paragraf terdiri atas satu atau
beberapa kalimat.
·
Setiap kalimat terdiri atas subjek,
predikat, objek, dan keterangan.
·
Subjek dan objek dalam kalimat merupakan
frase benda.
·
Frase benda dapat tersusun atas satu
kata benda atau kombinasi kata benda dan kata sifat dengan susunan M-D.
·
Predikat merupakan frase kerja atau
sifat, dan seterusnya.
Dalam bahasa
pemrograman, aturan produksi biasa dinyatakan dalam bentuk regular expression.
D.
Dasar
Turbo C
C
merupakan bahasa yang bisa dipakai untuk keperluan pemrograman sistem, antara
lain untuk membuat : Assembler, Interpreter, Program Paket, Sistem Operasi,
Editor, Kompiler, Program Bantu (Utility).
Dalam beberapa literatur, C digolongkan sebagai bahasa aras menengah (Medium Level Language).
E.
Pembuatan
Program
Secara umum,
tahapan utama pembuatan program C meliputi kegiatan berikut:
1. Menulis
program
2. Mengkompilasi
program
3. Menguji
program
4. Menyimpan
program
F.
Dasar
Pemrograman
1. Pengenal
/ identifier (a...z, A...Z/0...9/0...9, A...F, a...f, garis bawah_)
2. Tipe
data dasar (bilangan bulat, bilangan real, karakter, tak bertipe) seperti :
char, int, float, double, void)
3. Variable
4. Operator
-
Aritmatika (Operator binary : +, -, /,
*, DIV, MOD dan Operator unary : +, -)
-
Logika / Boolean (AND, OR, NOT, XOR)
-
Relasional (= ><> = < =
<>)
5. Ungkapan
/ ekspresi
Praktek
Langkah
pengerjaan :
1.
Klik start lalu pilih Turbo C++. (lihat gambar 1.1)





Gambar 1.1
2.
Tunggu sampai muncul jendela editor
Turbo C++. (lihat gambar 1.2)

Gambar
1.2
3.
Mulai
membuat program sederhana. Klik Menu editor File New. (lihat gambar 1.3)




Gambar
1.3
4.
Untuk melihat hasil dari pembuatan
program diatas dengan cara :
-
Save
program terlebih dahulu dengan cara : klik menu File Save / Save As dengan file name LAT1.CPP
simpan didirektori folder D:/>. (lihat gambar 1.4)

-
Kompile program tersebut yang bergambar
petir (lihat Gambar 1.3)
-
Lihat hasil Program tersebut (lihat
gambar 1.5)

Gambar
1.4

Gambar
1.4
Keterangan
:
·
Fungsi main() merupakan titik awal dan
titik akhir eksekusi program
·
Tanda { } awal dan akhir dari pembuatan
program
·
Fungsi printf yaitu untuk menampilkan
suatu keluaran pada layar
·
#include merupakan salah satu jenis
pengarah preprosessor dipakai untuk membaca file yang dinamakan file-judul
(header file).
5.
Variabel
Variabel digunakan
dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya dapat
diubah-ubah selama eksekusi program berlangsung.
·
Mendeklarasikan variabel
Variabel yang akan
digunakan dalam program haruslah dideklarasikan terlebih dahulu artinya memesan
memori dan menentukan jenis data yang bisa disimpan didalamnya.
Bentuk pernyataan :
tipe daftar – variabel
Contoh :
int jumlah;
float harga_per_unit,
total_harga; (tanda koma sebagai pemisah antar variabel)
·
Memberikan nilai ke variabel
Yaitu untuk memberikan
nilai ke variabel yang telah dideklarasikan.
Bentuk pernyataan : variabel
= nilai
Contoh : Jumlah = 10; ,
harga_per_unit = 17.5

#include
<stdio.h>
Main()

int jumlah;
float harga_per_unit, harga_total;
jumlah = 10;
harga_per_unit = 17.5;
harga_total = jumlah * harga_per_unit
printf(“harga total = % \n”, harga_total);
}
Praktek
ke Bahasa C++ :

Kompile dan jalankan :

· Inisialisasi
Variabel
Yaitu
memberikan nilai awal setelah dideklarasikan.
Contoh
: int jumlah = 10;

#include
<stdio.h>
Main()
{

float harga_per_unit = 17.5;
float harga_total;
harga_total = jumlah *
harga_per_unit;
printf(“harga total = % \n”,
harga_total);
Praktek ke Bahasa C++ :

Kompile dan jalankan :

· Perbedaan
Variabel bertipe float dan double
Tipe double mempunyai
kawasan nilai yang lebih besar dibandingkan dengan tipe float dan ketelitian
digit (16 digit).

#include
<stdio.h>
Main()
{
float x;
double
y;
x
= 56.0123456789123456789;

printf(“x
= %20.16f\n”, x);
printf(“y
= %20.16f\n”, y);
}
Praktek
ke Bahasa C++ :

Kompile dan jalankan :

6.
Konstanta
Konstanta menyatakan
nilai yang tetap. Berbeda dengan variabel, suatu konstanta tidak
dideklarasikan. Namun seperti halnya variabel, konstanta juga mempunyai tipe.
7.
Operator
Merupakan simbol atau
karakter yang bisa dilibatkan dalam program untuk melakukan sesuatu operasi
atau manifulasi, seperti menjumlahkan dua buah nilai, memberikan nilai ke suatu
variabel, membandingkan kesamaan dua buah nilai.
Contoh : a + b
·
Operator aritmatika
·
Operator penurunan dan penaikan
·
Prioritas operator aritmatika
8.
Ungkapan
Ungkapan (ekspresi)
dalam C dapat berupa : pengenal, konstanta, variabel.
Contoh : 3 + 2 – 1
Pada ungkapan diatas 3,
2 dan 1 merupakan operand, sedangkan +, - merupakan operator dan nilai ungkapan
adalah hasilnya.
“TUGAS”
Tugas
Mandiri !
1. Buat
perintah dalam pemrograman turbo C untuk menampilkan Nama, NIM, Jurusan, dan
Alamat.
2. Lengkapi
potongan program berikut dan berapa hasil akhirnya ?
int
a = 22;
a
= a + 5;
a
= a – 2;
printf(“a
= %d \n”, a);
3. Berapa
hasil akhir dari perhitungan berikut ini :
a) x
2 + 3 * 2
b) x
= 2 * 3 % 2
Penyelesaian :
No. 1
Perintah
dalam program C++ untuk menampilkan data sebagai berikut :
Nama :
Ricky Rudianto
NIM : 2012081127
Jurusan :
Teknik Informatika
Alamat :
Dusun Pahing RT/RW : 009/004 Desa Ciawilor
Kec. Ciawigebang Kab. Kuningan
Kode Pos : 45591
1. Kita
buka jendela editor Turbo C++.
2. Kemudian
ketikan program yang telah saya buat menurut tugas yang diberikan pada no. 1
seperti pada gambar dibawah ini :
Praktek ke Bahasa C++ :

3. Setelah
selesai membuat program diatas sesuai dengan tugas yang diberikan lalu cek
terlebih dahulu apabila sudah benar kemudian save program tersebut setelah itu
di kompile dan jalankan, maka hasilnya yaitu :

Keterangan :
Saya menggunakan program C++ diatas dengan
menggunakan :
-
Header file / preprosessor directive :
#include <stdio.h>
-
Fungsi printf : untuk menampilkan
keluaran pada layar, dan didalam fungsi printf tersebut terdapat ‘\n’, yaitu
untuk menampilka karakter baris baru.
No. 2
1.
Kita buka jendela editor Turbo C++.
2. Kemudian
ketikan program yang telah saya buat menurut tugas yang diberikan pada no. 2 seperti
pada gambar dibawah ini :
Praktek
Bahasa C++ :

3. Setelah
selesai membuat program diatas sesuai dengan tugas yang diberikan lalu cek
terlebih dahulu apabila sudah benar kemudian save program tersebut setelah itu
di kompile dan jalankan, maka hasilnya yaitu :

No.
3
1.
Kita buka jendela editor Turbo C++.
2. Kemudian
ketikan program yang telah saya buat menurut tugas yang diberikan pada no. 3
seperti pada gambar dibawah ini :
Praktek
ke Bahasa C++ :

3. Setelah
selesai membuat program diatas sesuai dengan tugas yang diberikan lalu cek
terlebih dahulu apabila sudah benar kemudian save program tersebut setelah itu
di kompile dan jalankan, maka hasilnya yaitu :

“KESIMPULAN”
A. Pemrograman
Yang
dipahami atau dijalankan oleh komputer : data dan instruksi dalam
• bentuk biner (rangkaian bit-bit yang
bernilai ‘0’ dan ‘1’).
Yang
dipahami manusia : logika, aritmatika, algoritma, konsep, model, dan
• sebagainya.
Klasifikasi
pemrograman berdasarkan tingkat kedekatannya dengan bahasa
mesin
dan bahasa manusia, siklasifikasikannya yaitu menjadi :
Bahasa
tingkat rendah, memetakan setiap instruksi dari kode sumber kedalam
satu
instruksi bahasa mesin. Bisa disebut juga dengan bahasa assembly.
Untuk
dapat memprogram dalam bahasa assembly, diperlukan pengetahuan
yang
benar tentang perangkat keras, representasi data, cara kerja pemrosesan,
1. dan instruksi-instruksi mesin komputer.
Bahasa
tingkat tinggi, memiliki kedekatan dengan bahasa dan berpikir
2. manusia. Contoh : bahasa pascal.
3. Bahasa tingkat menengah, antara kedua
tingkat diatas. Contoh : bahasa C.
B. Cara
Kerja
Penerjemahan
dari kode sumber dalam bahasa tingkat tinggi kedalam
instruksi
mesin dilakukan dengan dua macam cara, yaitu :
Kompilasi,
merupakan penerjemah keseluruhan kode sumber menjadi kode
Interpretasi,
merupakan penerjemahan baris per baris kode sumber kedalam
1. biner, yang selanjutnya dieksekusi oleh
mesin atau komputer.
2. instruksi komputer yang bersesuaian.
C. Pengantar Teori Bahasa
Bahasa
pemrograman modern dikembangan dengan menggunakan teori bahasa, sehingga
memiliki sifat-sifat yang analogis dengan bahasa manusia. Bahasa memiliki
grammar (tata bahasa), yang terdiri atas berbagai aturan produksi.
C
merupakan bahasa yang bisa dipakai untuk keperluan pemrograman sistem,
D. Dasar
Turbo C
antara
lain untuk membuat : Assembler, Interpreter, Program Paket, Sistem
Operasi,
Editor, Kompiler, Program Bantu (Utility).
E. Pembuatan
Program
Secara
umum, tahapan utama pembuatan program C meliputi kegiatan berikut:
1. Menulis program
2. Mengkompilasi program
3. Menguji program
4. Menyimpan program
F. Dasar
Pemrograman
Tipe
data dasar (bilangan bulat, bilangan real, karakter, tak bertipe)
1. seperti : char, int, float, double,
void)
2. Variable
3. Operator
- Aritmatika
(Operator binary : +, -, /, *, DIV, MOD dan Operator unary : +,-)
- Logika / Boolean (AND, OR, NOT, XOR)
- Relasional (= ><> = < = <>)
4. Ungkapan / ekspresi
5. Pengenal / identifier (a...z,
A...Z/0...9/0...9, A...F, a...f, garis bawah_)
No comments:
Post a Comment