Monday 16 September 2013

Laporan Praktikum PTI Modul 9


LAPORAN PRAKTIKUM
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
MODUL 9





Disusun oleh :
Nama          :  Ricky Rudianto
NIM                        :  2012081127
Kelas           :  Teknik Informatika A




LABORATORIUM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2012
MODUL 9

KONEKSI INTERNET

“PEMBAHASAN”

Dasar Teori
Internet (inteconnected Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan error-handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Tranmission Control Protokol/ Internet Protokol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau atau keunggulan dari beberapa media lain. Keunggulan tersebut, antara lain :
1.      Komunikasi murah
2.      Sumber informasi besar
3.      Tantangan baru untik berusaha
4.      Keterbukaan tanpa sensor
5.      Jangkauan yang tidak terbatas
Kegunaan Internet
Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari internet dalam semua bidang bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain sebagainya, antara lain :

1.    Internet sebagai Media Komunikasi
Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, informasi yang didapat lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang :
·         Butuh 30 tahun untuk radio
·         Butuh 15 tahun untuk televisi
·         Butuh 3 tahun untuk web
dengan aplikasi :
·         Email
·         WWW
·         Newsgroup
·         FTP Goper
·         Dan lain-lain
Bermunculan situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak) sehingga mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh :
·         Koran masuk internet (Kompas Cyber Media)
·         Detik
·         Satunet
·         CNN
·         Vivanews
·         Majalah, brosur, dan sebagainya.
Ø Internet sebagai Media Promosi, diantaranya :
·         Image Company
·         Pengenalan dan pemesanan produk
·         Registrasi klien
·         Jadwal pengiriman dan lain-lain
Ø Internet sebagai Komunikasi Interaktif
·         Email
·         Dukungan pelanggan dengan WWW
·         Video Conferencing
·         Internet Relay Chatt
·         Internet Phone
Ø Internet sebagai Alat Research dan Development
2.    Internet sebagai Pertukaran Data
Ø Sejarah Internet
Sebelum internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Jadi bila satu bagian dari salah satu network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu akan secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990.
Ø Pertumbuhan Internet
Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Dari data statistik yang didapat, adalah sebagai berikut :
·         3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994
·         Populasi 30 juta pengguna (1995)
·         Pertumbuhan 10% tiap bulan
·         100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2010 semua orang akan terhubung ke internet
·         Email mendominasi 75% hubungan bisnis
Ø Koneksi Internet
Untuk dapat melakukan koneksi ke internet, secara umum langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah :
·         Siapkan seperangkat PC
·         Modem (Modulator Demodulator)
·         Koneksi ke internet melalui penyediaan layanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider)
Ø Pengertian Modem
Sebelum melakukan instalasi modem sebaiknya kita perlu tahu dulu apa itu yang disebut dengan modem. Modem singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi untuk mengkonversikan data digital ke data analog dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telepon, dan sebaliknya.
Ø Situs Web dan Homepage
·         Situs Web yaitu sekumpulan halaman web milik seseorang atau perusahaan dan instansi
·         Homepage yaitu istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Setiap halaman dan situs dalam www memiliki alamat yang unik / berbeda dan khas yang disebut URL (Universal Resource Locator)
Bentuk Dasar :
Protokol://hostname//[path/[filename]]
Contoh :
Protokol adalah suatu mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer atau memanifulasi data. Contoh : server dan browser www harus mendukung protokol HTTP agar dapat digunakan
·         HTTP (Hyper Text Transfer Protokol) adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh word wide web (www) supaya bisa berkomunikasi / bertukar data antara komputer client dan server
Contoh : Web Client (dalam hal ini browser seperti internet explorer)
Web Server (dalam hal ini seperti http://www.tripod.com/index.htm)
·         Host yaitu alat yang memiliki IP Address disebut Network TCP/IP adalah berupa komputer, router, antene, modem, printer dan lain-lain.
Contoh : IP Address Telkom 202.134.0.155, jika semua alamat situs berformat seperti contoh tentu akan kesulitan dalam mengingat namanya, untuk itulah diperlihatkan untuk hostname sebagai alat bantu seperti http://www.telkom.net.id

PRAKTIKUM
Praktikum 1 : Menggunakan HTML (Hyper Text Multi Language)
Halaman Web adalah sebuah dokumen HTML, artinya untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML. HTML yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut bisa ditampilkan dengan benar.
Langkah :
1.    Pilih Star
2.    Lalu Pilih Program
3.    Pilih Accesories
4.    Dan Double klik Jendela Notepad
5.    Muncul seperti gambar dibawah ini :
6.    Lalu ketikan baris perintah dibawah ini :
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>TagBR</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Pengantar Kuliah Pengenalan Teknologi Informasi <BR>
Ok Begin
</BODY>
</HTML>
7.    Simpan hasil tag HTML diatas dengan cara : Klik Menu File, pilih save dengan file name latihan.html dan simpan pada direktori C : atau D  : lau Save.
8.    Jalankan hasil tag HTML dengan menggunakan web browser (Mozilla atau IE)
Hasil untuk ditampilkan halaman web adalah :

Praktek 2 : Menggunakan Internet
1.      Menggunakan web client (IE atau Mozilla) yang sering digunakan oleh user
2.      Menggunakan web browser (google atau yahoo) yang sering digunakan oleh user
Langkah-langkah :
1.    Double klik atau klik start cari Internet Explorer atau Mozilla
2.    Ketikan alamat pada addres Bar IE atau Mozilla

TUGAS MANDIRI MODUL 9
1.    Buatlah langkah-langkah konfigurasi internet dari layanan ISP menggunakan Modem.
2.    Buat Tag HTML untuk membuat halaman yang anda kehendaki.

Pengerjaan :
No. 1
Langkah-langkah
pertama untuk melakukan koneksi internet adalah menginstalasi modem. Modem merupakan perangkat perantara antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider – penyedia jasa internet) anda.
1. Klik Start,pilih Settings,pilih Control Panel. Maka akan muncul window Control Panel.
2. Pada windows Control Panel, pilih icon Modem dan klik dua kali sehinga muncul window Instal New Modem (bagi yang pernah memasang modem sebelumnya makan akan tampil window Modem Properties. Bila anda ingin menambah driver modem baru, klik Add).
Windows dapat melakukan deteksi otomatis terhadap perangkat modem yang telah terpasang pada PC anda, tapi hal ini terbatas pada modem yang telah dikenali oleh Windows. Apabila anda memilih deteksi otomatis, maka kosongkan kotak Don’t detect my modem, lalu tekan Next.
Apabila anda memiliki modem jenis baru dan disertai file driver (dalam disket / CDROM), sebaiknya anda memilih deteksi manual sehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut (misal kemampuan support 56 kBps, fax, voice, dll). Untuk itu pilih kotak Don’t detect my modem, dan tekan Next.
3. Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh Windows.
Pilih type modem yang sesuai dengan modem anda, lalu tekan Next.
Apabila anda tidak memiliki file driver, maka anda dapat memilih type Standard Modem, misalnya dengan kecepatan 28800 bps, lalu tekan Next lalu anda dapat langsung menuju ke langkah 5.
Apabila anda memiliki file driver (disket / CDROM) yang disediakan pabrikan, maka pasang disket / CDROM tersebut, lalu tekan tombol Have Disk.
4. Pada menu selanjutnya muncul window Install From Disk. Masukkan disket / CDROM yang berisi file driver modem anda, pilih dirive yang sesuai (A:\ atau pilih CDROM, lokasi lain menggunakan menu Browse).
5. Apabila file driver berhasil di ambil, maka akan muncul window mengenai driver tersebut (pada contoh ini, driver modemnya V90 & K56Flex DATA-FAX-VOICE Modem, yang memiliki kemampuan s/d 56 kBps). Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu), selanjutnya tekan Next.
6. Setelah selesai, maka anda harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem tersebut terpasang. Sebagai contoh, dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Kemudian tekan Next.
Pada tahap
 ini bila dilakukan dengan benar, maka modem akan terpasang pada PC anda. Klik Finish untuk mengakhiri setup modem Anda. Untuk melakuan koneksi internet, anda harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet. Cara melakukan
setting dial up dapat dilihat pada halaman ini.
Setelah selesai tahap ini, anda dapat melakukan setting dial up.
Setelah hubungan antara PC server dan koneksi internet dapat berjalan lancar langkah
selanjutnya adalah sinkronisasi. Agar semua komputer dapat tersinkronisasi secara benar, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :
1) Sinkronisasi Nama Komputer / PC dan Nama Work Group dilakukan dengan cara
sebagai berikut :
a. Menampilkan Task Control System
b. Pada Tab Computer Name klik Change untuk mengubah nama komputer dan
nama WorkGroup. Nama komputer sebaiknya diurutkan sesuai dengan nomor
Clientnya untuk memudahkan kita mengingat masing-masing nama komputer,
nama masing-masing PC tidak boleh sama. Namun untuk nama Workgroup
harus lah dibuat sama untuk semua Client dan juga Server.
c. Setelah nama PC kita ganti langkah selanjutnya adalah mengganti Network ID
dengan cara mengeklik Tab Network ID pada task Control System tadi.
i. Pada pertanyaan How Do You Use This Computer pilihlah option This Computer is part of a business network, kemudian Klik Next.
ii. Pada Option selanjutnya pilihlah Network without a Domain.
iii. Selanjutnya isikan nama WorkGroup sesuai dengan nama WorkGorup yang kita isikan pada waktu mengganti nama PC pada langkah (b) tadi.
iv. Selanjutnya Klik Next dan kemudian Finish. Tunggu beberapa saat hingga komputer selesai melakukan pergantian Network ID dan lakukan restrat System Operasi / Reboot.
2) Sinkronisasi Waktu / Jam dilakukan dengan menempuh langkah sebagai berikut:
a. Double klik tampilan jam yang ada pada sudut kiri bawah desktop anda.
b. Pilihlah tabs Internet Time => Update Now
c. Tunggu beberapa saat hingga terdapat statement berikut : The time has ben
succesfully Synchronized.
d. Jika yang tampil adalah statement error, maka ulangi klik Update Now hingga
berhasil menyamakan waktu PC anda dengan server Windows.
e. Jika Update berhasil, namun jam yang ditampilkan tidak sama, maka kesalahan
mungkin terjadi pada Time Zone untuk wilayah WIB wilayah waktunya adalah
GMT + 07.00 Bangkok, Hanoi, Jakarta sedangkan untuk WITA adalah
GMT+08.00 Perth dan WIT dengan GMT + 09.00 Seoul.
Internet Connection Sharing (ICS)
Sampai dengan tahap ini PC yang terkoneksi keinternet hanyalan PC server saja. Untuk
memberikan akses bagi PC client agar mempunyai akses ke internet kita perlu mengaktifkan Internet Connection Sharing yang kita miliki pada PC server. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1) Buka Jendela Network Connection yang terdapat pada Control Panel. Lalu klik kanan
pada Koneksi aktif kita ke internet => pilih Properties.
2) Pada tabs Advanced aktifkan option Allow other network users to connect through this
computer’s Internet Connection.
3) Setelah Koneksi Internet berhasil di sharing maka akan muncul 2 buah macam koneksi. Sebaiknya ganti nama masing-masing koneksi tersebut agar mudah membedakan antarakoneksi yang terhubung ke Modem dengan Koneksi yang terhubung ke Switch dengan cara me-rename masing-masing koneksi tersebut.
4) Jika kita buka properties pada koneksi yang terhubung ke Switch, pada tabs support
terdapat alamat IP yang akan menjadi default Gateway bagi PC Client yang akan
terhubung melalui PC Server (192.168.0.1).
Network Setup
Langkah-langkah yang kita lakukan tadi hanyalah untuk memberikan izin bagi PC Client agar dapat mengakses Internet. Untuk mengaktifkan Izin tersebut dilakukan dengan cara mensetup Network / Jaringan yang kita miliki. Langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut :






1) Buka Network Setup Wizard yang terdapat pada Control Panel. Lalu lakukan langkah
seperti pada gambar. (pastikan Koneksi ke internet dalam keadaan hidup).
2) Pada pilihan select a Connection Method pilih yang Connect Directly to the Internet
untuk PC server dan bila melakukan settingan pada PC Client plihlah Option Connect to
the internet through a residental gateway.
3) Option Berikut meminta kita menentukan koneksi yang mana yang akan kita gunakan
untuk melakukan dial-up ke Internet. Pilihlah koneksi yang tersambung ke Modem.
Pilihan ini tidak ada pada saat kita melakukan setting di PC Client.
4) Isikan Computer Name sesuai dengan nama yang telah kita berikan tadi, lalu isikan
Computer Description jika anda inginkan (Optional / tidak diisi tidak berpengaruh).
5) Isi Nama Workgroup sesuai dengan nama yang telah kita tentukan sebelumnya. Perlu
saya ingatkan kembali bahwa nama workgroup sebaiknya sama untuk semua komputer
agar langkah setting lebih mudah.
6) Pilihlah option Turn On File and Printing Sharing pada task selanjutnya.
7) Setelah settingan pada jendela log kita anggap benar klik next untuk menjalankan /
Mengaktifkan settingan yang telah kita buat tadi.
 Tunggu beberapa saat hingga komputer selesai menyesuaikan dengan settingan
barunya.
9) Pilih option just finish wizard, lalu klik Next = > Finish. Biasanya PC akan otomatis
reboot setelah menyelesaikan prosedur tadi.
Langkah yang sama kita lakukan pada semua PC Client. Perbedaan cara setting antara PC
Server dan PC Client hanyalah terletak pada point 2 dan point 3.
Setelah menyelesaikan langkah settingan tersebut pada PC Client lakukanlah pengetesan
koneksi dengan cara yang sama dengan PC Server, yaitu mengunjungi alamat situs yang mudah di Loading dan mengetes kecepatan koneksi. Bila koneksi yang ada dirasa terlalu lambat silahkan lakukan pengecekan pada settingan Network tadi apakah ada Option yang salah atau tidak, dan juga lakukan pengecekan pada koneksi perkabelan apakah suda terposisikan dengan baik atau belum.
Sampai dengan langkah ini semua PC Client bisa terhubung dengan bebas ke Internet selama PC Server menghidupkan Koneksinya. Untuk membatasi penggunaan pada PC Client adal beberapa pilihan. Yang pertama adalah membuat list user dari Computer Client, user mana yang mempunyai hak untuk mengakses internet yang mana yang tidak diizinkan untuk mengaksesnya. Settingan tersebut biasanya digunakan di perkantoran. Sedangkan untuk warnet, pembatasan akses biasanya dilakukan dengan menginstalkan program billing pada C Server dan PC Client. Untuk produk billing dalam negeri sudah terdapat beberapa pengembang program diantaranya adalah www.billingexplorer.com dan www.indobilling.com untuk keperluan setting billing ini silahkan menghubungi pengembangnya masing-masing.

No. 2
Tulis source code berikut ini :
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN"
                     "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">

<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" xml:lang="en" lang="en">
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8"/>
<title>GARSEL SHOES</title>
<link rel="stylesheet" href="file:///F|/Website/Website/style.css" type="text/css" charset="utf-8" />
<script type="text/JavaScript">
<!--
function mmLoadMenus() {
  if (window.mm_menu_1204072031_0) return;
  window.mm_menu_1204072031_0 = new Menu("root",71,18,"Times New Roman, Times, serif",12,"#000000","#FFFFFF","#B9002F","#0000CC","center","middle",3,0,1000,-5,7,true,true,true,0,true,true);
  mm_menu_1204072031_0.addMenuItem("FKOM");
   mm_menu_1204072031_0.fontStyle="italic";
   mm_menu_1204072031_0.hideOnMouseOut=false;
   mm_menu_1204072031_0.bgColor='#555555';
   mm_menu_1204072031_0.menuBorder=1;
   mm_menu_1204072031_0.menuLiteBgColor='#FFFFFF';
   mm_menu_1204072031_0.menuBorderBgColor='#FCFBF9';

mm_menu_1204072031_0.writeMenus();
} // mmLoadMenus()
//-->
</script>
<script language="JavaScript" src="file:///F|/Website/Website/mm_menu.js"></script>
</head>

<body>
<script language="JavaScript1.2">mmLoadMenus();</script>
<div id="outer-wrapper">
<div id="wrapper">
<div id="nav">
<div align="right"></div>
</div>
<div id="topcon">
<div id="topcon-inner">
<h2><marquee>Selamat Datang Di Toko Online Kami</marquee></h2>
<p>Selamat datang di website Toko Online kami, website yang sangat sederhana ini.Dimana anda bisa melihat barang-barang misalnya : sepatu, tas, dompet, bad cover dan lain-lain. selain itu bisa pesan secara online.</p>
<p>&nbsp;</p>
</div>
</div>
<div id="content">
<div id="body">
<div class="box" id="news">
<div class="box-t">
<div class="box-r">
<div class="box-b">
<div class="box-l">
<div class="box-tr">
<div class="box-br">
<div class="box-bl">
<div class="box-tl">
<h2>SEPATU, diantaranya : </h2>
<h3>GARSEL</h3>
<h4>GARUCCI</h4>
<h5>GAREU</p>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
<div class="box" id="hits">
<div class="box-t">
<div class="box-r">
<div class="box-b">
<div class="box-l">
<div class="box-tr">
<div class="box-br">
<div class="box-bl">
<div class="box-tl">
<h2>TAS, DOMPET, dan SEPATU</h2>
<h3>GARSEL</h3>
<ul>
<li>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
<div class="box" id="new">
<div class="box-t">
<div class="box-r">
<div class="box-b">
<div class="box-l">
<div class="box-tr">
<div class="box-br">
<div class="box-bl">
<div class="box-tl">
<h3>&nbsp;</h3>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>
<div class="clear"></div>
</div>
<div id="footer">
<ul>
<li><a href=>GAMBAR</a> | </li>
<li><a href=>INFO </a> | </li>
<li><a href=>DOWNLOAD GAMBAR </a> | </li>
</ul>
<p>&copy;GARSEL SHOES <a href=></a> | <a href=>BANDUNG </a></p>
</div>
</div>
</div>
<form id="form1">
</form>
</div>
</body>
</html>

Hasil untuk ditampilkan di web adalah :
KESIMPULAN


Internet (inteconnected Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan error-handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Tranmission Control Protokol/ Internet Protokol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

No comments:

Post a Comment