Monday 16 September 2013

Laporan Praktikum PTI Modul 10


LAPORAN PRAKTIKUM
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
MODUL 10






Disusun oleh :
Nama          :  Ricky Rudianto
NIM                        :  2012081127
Kelas           :  Teknik Informatika A



LABORATORIUM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2012
MODUL 10

MENGELOLA INFORMASI

“PEMBAHASAN”


Dasar Teori
“Knowledge is power”.pepatah ini sudah sering kali dengar, bila gates ternyata tidak sependapat. Menurut Bll Gates dalam bukunya Bisnees @ the speed of thought,informasi yang di share-lah yang memiliki kekuatan dahsyat , karena karena informasi telah berubah dari informasi fositif ( yang berada di kepala masing – masing orang, tataupun yang terpasang dalam file ) menjadi informasi aktif,yaitu informasi yang bisa memberi nilai tambah bagi kegiatan misalnya bisnis perusahaan. Informasi sudah menjadi salah satu sumber daya dari sekian banyak sumber daya.
Berikut ini akan di sampaikan beberapa pengertian informasi dari berbagai sumber.
1. Menurut Gordon B.Davis dalam bukunya Management informasi system : conceptual foundations, structures,and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat di pahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.
2. Menurut Barry E. cushing dalam buku Acaunting information system and Business organization,di katakana bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukan hasil pengelolahan data yang di organisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya.
3. Menurut Robert N. Anthony dan john Dearden dalam buku management control system,menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
4. Menurut Stephen A.Moscove dan Mark G.simkin dalam bukunya Accaunting information system : concepts and practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Dari keempat pengertian seperti di atas dapat di simpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian nyata dan dapat di gunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
PRAKTIKUM
1. Mencari Informasi
Dalam pengolahan data menjadi sebuah inpormasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pengumpulan data itu sendiri. Disini di butuh kejelian untuk mendapat data-data tersebut.
Pengumpulan data ini, dapat di lakukan dengan berbagai cara missal dengan observasi (pengamatan), angket dan lainya, Namun saat ini yang paling sering adalah mencari adalah mencari informasi dengan melakukan searching dan browsing di internet, misalnya dengan memanfaatkan search engine.
Banyak situs – situs di internet yang menyediakan fasilitas search engine.
Contoh : www.google.com
2.    Memilih dan menyimpan Informasi
Setelah data untuk informasi tersebut di tetapkan,langkah selanjutnya adalah memilih data tersebut,
yaitu mengambil data- data yang di anggap actual, terpercaya, akurat, dan uptade. Sehingga data – data yang di anggap perlu, di kelompokan kemudian di simpan, ingat dalam penyimpanan harus memperhatikan aspek pengarsipan, sehingga jika di perlukan nantinya secara cepat dapat di ambil kembali.
3.    Pengolah Informasi Menjadi Informasi Baru
Dari data – data yang telah di simpan, dapat di bedakan menjadi dua jenis :
1.    Data informasi yang langsung dapat di tampilkan.
2.    Data informasi yang harus di olah dulu, baru bisa di tampilkan menjadi informasi baru.
Mengolah data untuk menjadi sebuah informasi baru, dapat di lakukan dengan pengeditan , penambahan, penggkonversian, penggabungan dari banyak data dan sebagainya.contohnya data yang di peroleh dari internet masih dalam format html, kemudian akan di olah dengan menggunkan Ms. Word, maka data – data dalam format html tersebut kita ubah menjadi format doc dengan melakukan copy paste ke dalam sebuah dokumen Ms.Word, setelah itu dapat dilakukan pengeditan, penambahan, penggabungan dan lain–lainya.
            Gambar 02 : Mengcopy paste dari format html ke doc
Data yang telah di olah tersebut, akan menjadi sebuah infomasi baru, dan dapat di persentasikan dalam bentuk apapun. Sebagi contoh dalam format PDF, atau dengan menggunakan Ms.powe point bahkan secara lisan, karena sebuah informasi aktif, jauh lebih berharga dari informasi pasif.
1.    Sistem Informasi
          Sistem informasi merupakan system pembangkit informasi. Dengan integrasi yang di miliki antar subsistemnya, system informasi akan mampu menyediakan informasi yang nerkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
          Sistem informasi Berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah system informasi. Secara teori,penerapan sebuah system informasi memang tidak harus menggunakan komputer.
Tetapi pada perakteknya tidak mungkin system informasi yang sangat kompleks itu
dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer.sistem informasi yang akurat dan efektif,dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer- based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Informasi yang cepat,akurat dan dapat di percaya tersebut sangat di perlukan misalnya dalam rangka pengambilan keputusan – keputusan stategis.
Terbentuknya system informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan. Di tengah lajunya kemajuan industry yang berbasis teknologi telekomunikasi dan informatika, informasi yang cepat dan akurat semakin menjadi kebutuhan pokok para decision maker. Informasi merupakan kebutuhan dasar yang di perlukan oleh setiap manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan.
Sedangkan suatu system informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi mereka yang membutuhkanya.
Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan level manjerial dalam hal program – program dan rencana – rencana operasional serta sasaran yang akan di capai misalnya oleh organisasi atau perusahaan.
2.    Pengaman  File Dokumen
          Selain pengan secara umum missalnya jaringn komputer , PC pengaman file dokumen secara tersendiri misalnya melakukan pemberian password (security options) juga mutlak di ketahui.ini lebih banyak dibutuhkan pada penggunaan PC bersama.
Langkah pemberian security pada dokumen Ms.Word.
1.    Buka file MicrosoftOfficeWord yang akan diberikan password
2.    Klik File lalu Saveas
3.    Pilih Tools
4.    Kemudian pilih generaloption, isikan password kemudian pilih Ok
5.    Setelah di beri password lalu klik Ok dan masukan kembali passwordnya
6.    Setelah di Ok klik Save


7.    Mengkonversikan dokumen word (doc) kedalam format pdf.
-       Pilih Saveas
-       Pilih Save a copy of the document,  pilih yang pdf


TUGAS
1.    Langkah-langkah untuk mendownload dan mengupload dokumen (foto, video, data dan informasi) dari internet.
A.  Mendownload video dari situs YouTube
Langkah-langkah untuk mendownload video dari Youtube.
1.    Download aplikasi youtube downloader di youtubedownloader.com.
2.    Instal aplikasi tersebut pada komputer.
3.    Buka situs youtube yaitu www.youtube.com.
4.    Kemudian anda ketikan jenis video atau judul video yang ingin anda cari di kotak dialog youtube-nya, maka kemudian akan muncul berbagai macam video yang identik namanya dengan yang anda cari.
Contoh : Video Doraemon.
5.    Pilihlah video yang anda inginkan. Tunggu hingga berjalan videonya.
6.    Kemudian anda buka aplikasi Youtube Downloader-nya.
7.    Kemudian buka video yang anda buka di situs youtube tadi, kemudian klik kanan mouse, pilih copy video URL.
8.    Buka kembali aplikasi Youtube Downloader, kemudian anda Paste URL tersebut ke kotak dialog URL Youtube Downloadernya.
9.    Klik DOWNLOAD. Makanya proses download video sedang dimulai.
10.     Tunggu hingga proses dowload  selesai.
11.     Hasil akan muncul di komputer Anda
B.  Mengupload video ke situs YouTube
Langkah-langkah untuk mendownload video ke Youtube.
1.    Bukasitusyoutube
2.    Di pojokkananataskliktombol sign in
3.    Masukkanakunyoutube, ataugoogle account (user name dan password) Kemudianklik Sign in
4.    Setelah login ke account youtubeanda, makaandabisamemulai upload video keyoutube. Di bagianpojokkananatashalaman, klik Upload.
5.    Klik Upload video
6.    Pilih file di komputer yang akan di upload,
7.    Tunggu hingga proses upload selesai (sukses)
8.    AndabisamenambahkanDeskripsitentang video, dan tag untukmemudahkan search engine mengenaliisiatautema video anda.Pilih Category yang sesuaidengantema file video youtubeKlik save change.
9.    Untuk mendapatkan link file video youtube anda, maka klik “Embed and Sharing Options”. Gunakan url untuk mempromosikan video youtube anda.
Yang perluandaperhatikanjikainginmengupload video keyoutubemakausahakanukuranfilenyatidakterlalubesar, karenajikaukuranfilenyabesarakansusah di upload danjugasusah di download oleh user yang membuka video anda, sebaiknyaukuranfilenyamaksimal 30 MB. Jikatetapinginukuranvideonyabesarsebaiknyadipecahmenjadibeberapabagian, atauditurunkankualitasgambarnya.

2.    Komentar tentang undang–undang HAKI di bidang TIK
Menurut saya dengan adanya undang–undang tentang hak cipta,  ciptaan atau karya kita merasa dihargai dan dilindungi, dan bahkan dalam suatu undang-undang di sampaikan dalam pasal 2 menerangkan bahwa :
-       Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
-       Pencipta dan/atau Pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan Program Komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan Ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial.



KESIMPULAN
Setelah dilakukannya praktikum modul 10 yaitu tentang Mengelola Informasi maka saya dapat menyimpulkan sebagai beriut :
-       Menurut Gordon B.Davis dalam bukunya Management informasi system: conceptual foundations, structures,and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat di pahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.
-       Menurut Barry E. cushing dalam buku Acaunting information system and Business organization,di katakana bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukan hasil pengelolahan data yang di organisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya.
-       Menurut Robert N. Anthony dan john Dearden dalam buku management control system,menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
-       Menurut Stephen A.Moscove dan Mark G.simkin dalam bukunya Accaunting information system : concepts and practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.


1 comment:

  1. Play The Biggest Online Casino - No Download
    The Biggest Online Casino 제왕카지노 in the World. It's the ultimate online casino! Play 바카라사이트 over 2000 games, claim your welcome bonus, and start playing today! 인카지노

    ReplyDelete